PEMODELAN
PERANGKAT LUNAK
KELAS XI RPL 2
SEMESTER GANJIL
KONSEP
REKAYASA PL
uBerasal dari 2 kata, yaitu
Software (Perangkat Lunak) dan Engineering (Rekayasa).
uPerangkat Lunak (Software) adalah source code pada
suatu
program atau sistem
u source code
u dokumentasi
uEngineering
atau
Rekayasa adalah penerapan teori, metode, dan alat bantu yang sesuai untuk mencari solusi terhadap masalah dengan pendekatan sistematis yang berdasar atas ilmu pengetahuan dan matematis serta aplikasi tentang produksi terhadap struktur, mesin, produk, proses atau
sistem
DEFINISI
REKAYASA PL
uRekayasa Perangkat Lunak adalah suatu disiplin rekayasa yang berkonsentrasi terhadap seluruh aspek produksi perangkat lunak mulai yang mencakup hal-hal teknis hingga hal-hal manajerial proyek PL.
TUJUAN
RPL
1.Memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang rendah.
2.Menghasilkan perangkat lunak yang kinerjanya tinggi, andal dan
tepat waktu.
3.Menghasilkan perangkat lunak yang dapat
bekerja pada berbagai jenis
4.platform.
5.Menghasilkan perangkat lunak yang biaya
perawatannya rendah.

KOMPONEN PL / RUANG LINGKUP PL
KOMPONEN PL / RUANG LINGKUP PL (1)
usoftware Requirements berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan dan persyaratan perangkatlunak
usoftware desain mencakup proses penampilan arsitektur, komponen, antar muka, dankarakteristik lain dari perangkat lunak
usoftware construction berhubungan dengan detail pengembangan perangkat lunak, termasukalgoritma, pengkodean, pengujian dan pencarian kesalahan
usoftware testing meliputi pengujian pada keseluruhan perilaku perangkat lunak
usoftware maintenance mencakup upaya-upaya perawatan ketika perangkat lunak telahdioperasikan
KOMPONEN PL / RUANG LINGKUP PL (2)
usoftware configuration management berhubungan dengan usaha perubahan konfigurasiperangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan tertentu
usoftware engineering management berkaitan dengan pengelolaan dan pengukuran RPL,termasuk perencanaan proyek perangkat lunak
usoftware engineering tools and methods mencakup kajian teoritis tentang alat bantu danmetode RPL
usoftware engineering process berhubungan dengan definisi, implementasi pengukuran,pengelolaan, perubahan dan perbaikan proses RPL
usoftware quality menitik beratkan pada kualitas dan daur hidup perangkat lunak
KARAKTERISTIK PL (1)
uUnderstandability, yaitu sejauh mana proses secara eksplisit ditentukan danbagaimana kemudahan definisi proses itu dimengerti.
uVisibility, apakah aktivitas‐aktivitas proses mencapai titik akhir dalam hasil yang jelassehingga kemajuan dari proses tersebut dapat terlihat nyata/jelas.
uSupportability, yaitu sejauh mana aktivitas proses dapat didukung oleh CASE.
uAcceptability, apakah proses yang telah ditentukan oleh insinyur dapat diterimadan digunakan dan mampu bertanggung jawab selama pembuatan produkperangkat lunak.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar